Korean Language Class

Saya ingin sekali pergi ke Korea, tapi sayang belum juga kesampaian. 
Inginnya sih sekalian belajar sesuatu atau sambil bekerja (kalau bisa) hehehehehe....

Dengan mimpi itu, saya mulai belajar bahasa Korea di Korean Cultural Center Indonesia (KCCI). KCC itu adalah lembaga resmi dari Kedutaan, jadi sama seperti CCF-nya Perancis, Japan Foundation-nya Jepang, Goethe-nya Jerman, dll :D

Saya ingat pertama kali saya masuk kelas, saya pendiam sekali, tidak punya teman dan malu untuk mengajak bicara teman di sekeliling saya (>_<) maluuuuuu... tapi lama-kelamaan, kita akrab sekali :D

Duh jadi kemana-mana hehehe, coba sekarang saya jelaskan mengenai Kelas bahasa di KCC.

Kelas bahasa Korea di KCC ada banyak sekali tingkatan, seperti:
  • Dasar 1-4
  • Menengah 1-3
  • Lanjutan 1-2
  • Conversation
  • Kelas Film dan Musik
Biaya untuk mengikuti kelas bahasa juga tidak begitu mahal (IDR 720.000/level) jika saya bandingkan dengan lembaga bahasa di kampus saya, LBI UI, apalagi di KCC gurunya adalah native, jadi kita lebih mudah untuk berbicara dengan baik dan benar. :) 

Pada tiap akhir term akan diadakan tes dan akan mendapatkan sertifikat dari King Sejong Institute, yaitu penyelenggara kelas bahasa Korea di KCC. Selain dari tes, penilaian juga dari absensi yang tidak boleh kurang dari 75%.

My class experience

Bahasa Korea adalah satu-satunya bahasa yang "dibuat" dan diketahui sejarah pembuatannya. Pencipta Hangeul adalah Raja Sejong (coba nonton Deep Rooted Tree, Song Jong Ki berperan sebagai Sejong muda <3).

Saya senang sekali belajar di kelas Rabu-Jum'at pukul 18.30-21.00 dengan Guru Kim. Kim sem (singkatan dari Seon Saeng Nim, yang artinya Guru), sangat humoris dan cukup fasih berbahasa Indonesia dibandingkan dengan guru-guru yang lain karena beliau pernah lama di Jogja untuk mengajar sebelum akhirnya bekerja di salah satu perusahaan Trading di Jakarta. Sebenarnya, pelajaran bahasa Korea tidak begitu sulit, namun diperlukan perbendaharaan kata yang banyak agar lebih memudahkan kita untuk mengerti.

Teman-teman di kelas saya pun bervariasi, dari mulai pasangan suami-istri, anak SMA (Asya maknae!) sampai manusia seperti saya ini ^_^ bisa cek Blognya Nadya Eonnie~ yang ngebahas tentang kelas bahasa Korea :)

내 친구 dan 우리 선생님!
Saat ini saya akan melanjutkan ke kelas Dasar 2, doakan ya! :D

UPDATE: Saya sudah sampai di Level 4 (susunan sudah berganti seiring dengan waktu :D)

안녕하세요!

13 comments

  1. 안년하세요 선배님 :) Rencananya aku ingin kelas bahasa korea di KCC. Kalau di kelas conversation sama kelas film dan musik apa aja sih yang dipelajari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jinju Han..

      Kalau kelas conversation belajar mengenai aplikasi lisan (percapakan) dari hal-hal yang kita pelajari secara tulisan/textbook (karena di kelas reguler, latihan lisan biasanya hanya dipakai untuk membaca/mengerjakan soal, conversation tidak banyak. selain itu conversation cukup sulit jika dibandingkan dengan kita belajar melalui textbook saja)

      kalau kelas film & musik tentunya belajar mengenai pemahaman dari bahasa film/drama dan musik yang biasanya menggunakan bahasa yang berbeda dengan bahasa formal yang dipelajari pada kelas dasar.

      kalau untuk kedua kelas tersebut biasanya hanya diperbolehkan bagi yang sudah/sedang belajar tingkat menengah..

      ^_^ semoga membantu,
      안년하세요

      Delete
  2. katanya masuk kelas korea di kcc susah ya? telat daftar bisa masuk waiting list? oiya kalau boleh tanya jadi anggota kcc proses buat ngambil kartunya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, biasanya untuk masuk kelas Bahasa Korea KCC susahnya saat pendaftaran kelas pertama (dasar 1/Sejong 1). Untuk selanjutnya biasanya gampang banget :) paling biasanya rebutan jam dan hari aja sih. Kalau sabtu-minggu kelasnya biasanya selalu full.


      KCC sekarang tidak menerbitkan kartu, jadi hanya disimpan saja nomernya :)


      ^_^ semoga membantu,
      안년하세요

      Delete
  3. Karinaaaaa,,
    Seneng deh bisa baca blog kamu.. dikirain cm cerewet di keseharian aja,, tapi ternyata cerewet di blog juga.. berhubung kamu suja traveling,, request doooong, bahas tentang beberapa tmpat yang seru khususnya buat poto2.. :)
    Aku ayu, temen smp km yang pakai krudung.. (inget ga yaaaa...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuu, masih inget dong hehhee.. iya, banyak banget sebenernya yang mau diupdate mengenai blog, dari mulai jalan-jalan sampai makanan.. tempat yang bagus buat foto-foto tentunya juga ada :D

      Sering-sering mampir yah, nanti insyaAllah sering diupdate XD

      Delete
  4. Saya boleh koreksi ya. Bukan bahasanya yang dibuat tetapi aksaranya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Margareth atas sarannya :), segera dikoreksi ;)

      Delete
  5. Annyeonghaseyo~~~ mau nanya tips biar bs dapet kelas Sejong 1 dan ga masuk waiting list gmn ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Annyeonghaseyo, mau tanya untuk ikut kelas bahasa di kcc ada batas minimal umur gak ya? Saya masih kelas 2 SMP sudah bisa ikut les bahasanya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bisa kok walau SMP :) sorry for the late reply

      Delete
  7. Mau tanya kalau pembukaan kelas mereka ada notifikasi nya ga ya? Soalnya kayanya rebutan bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus sering-sering pantengin sosmednya KCC atau masukin email aja jadi member biar dapet newsletter :)

      Delete